buat nambah khasanah keilmuan kita [cieee bahasanya ga kuku ;)], kadang trisna sendiri juga bingung bedain malware, spyware, apalah.. ternyata emang beda, coba simak [iyaaaaa bu!!] :)

  1. WORM
    alias cacing, merupakan program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri dan tidak memerlukan bantuan orang untuk menyebarkannya. Masuk dari suatu kerapuhan (vulerability) dari suatu sistem, biasanya sistem operasi. Setelah masuk ke dalam suatu komputer, worm memodifikasi beberapa pengaturan di sistem operasi agar tetap hidup. Minimal, ia memasukkan diri dalam proses boot suatu komputer. Lainnya, mungkin mematikan akses ke situs anti virus, menonaktifkan fitur keamanan di sistem, dan tindakan lain. Contoh: Brontok, Kangen
  2. Wabbit
    seperti worm yang tidak membutuhkan program dan dokumen untuk bersarang. wabbit menggandakan diri secara terus menerus di dalam sebuah komputer local dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti sistem. Kinerja komputer akan melambat karena wabbit memakan sumber daya yang lumayan banyak. Selain memperlambat kinerja komputer karena penggunaan sumber daya tersebut, wabbit bisa diprogram untuk memiliki efek samping yang efeknya mirip dengan malware lain. Kombinasi-kombinasi malware seperti inilah yang bisa sangat berbahaya.
  3. Keylogger
    suatu perangkat lunak yang dikenal dengan istilah keylogger yang mencatat semua tekanan tombol keyboard. Catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian itu lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui user name, password, dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan. Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang
  4. Browser Hijacker
    browser hijacker mengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain, menambahkan bookmark, mengganti home page, serta mengubah pengaturan browser.
  5. Troya (Trojan)
    malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, yang menyelamatkan, padahal di balik itu, ia merusak. Kuda ini bisa ditunggangi oleh malware lain seperti virus, worm, spyware. Troya dapat digunakan untuk menyebarkan atau mengaktifkan mereka. Bisa saja suatu program dibuat seolah-olah adalah anti virus gratis. Memang program itu ,menghapus suatu virus, tetapi ternyata selain itu, ia juga memasukkan virus lain ke dalam komputer. Bedanya dengan virus worm, Troya tidak dapat menggandakan diri. Tapi virus atau worm yang “nebeng” di dalamnya bisa saja.
  6. Spyware
    perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirimkan informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Informasinya bisa saja yang tidak terlampau berbahaya seperti pola berkomputer, terutama berinternet seseorang, sampai yang berbahaya seperti nomor kartu kredit, PIN untuk perbankan elektronik (e-banking), dan password suatu account.
  7. Backdoor
    malware yang berusaha masuk ke dalam sistem untuk mengakses sumber daya serta file. Berdasarkan cara kerja dan perilaku penyebarannya, backdoor dapat dibagi menjadi 2 grup. Grup pertama mirip dengan Troya. Mereka secara manual dimasukkan ke dalam suatu program pada perangkat lunak dan kemudian ketika perangkat lunak itu diinstal, mereka menyebar. Backdoor dalam grup ini dijalankan sebagai bagian dari proses boot. Ratware adalah sebutan untuk backdoor lain yang mampu mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk meng-crack password dan enkripsi, dan mendistribusikan serangan distributed denial of service (DDoS).
  8. Dialer
    jenis malware yang dapat menyelip ke dalam internet dan terkadang mengganti nomor penyedia layanan internet yang biasa dihubungi dengan nomor penyedia layanan internet lain yang biasanya nomor jarak jauh, seringkali nomor luar negeri. Akibatnya tagihan telepon menjadi melomjak tak terkira. Dialer menghubungkan komputer ke internet guna mengirimkan informasi yang didapat oleh keylogger, spyware dan malware lain ke seseorang yang memang bertujuan demikian.
  9. Source: http://www.sipoel.unimed.in/file.php/310/moddata/forum/342/496/TUGAS_PENDALAMAN_MATERI_2.doc.

    About these ads